Selasa, 16 Juli 2013

ASAL MULA WASUPONDA

Kali ini saya akan posting asal mula desa tercinta saya yaitu desa wasuponda. Sebelumnya saya sempat bercerita tentang wasuponda. Sekarang saya akan ceritakan dari awal terbentuknya sampai arti dari nama dari wasuponda. Ehh..tidak lupa juga, saya akan tunjukkan beberapa foto tempat wisata air terjun di wasuponda yang bernama Matabuntu.
okelah kalau begitu kita mulai ceritanya.....

Di masa silam, di Sulawesi Selatan ada sebuah desa yang kelak dikenal dengan nama Wasuponda. Menurut cerita, di daerah itu awalnya merupakan sebuah danau dan dikelilingi rangkaian gunung.

Sebelum kering, danau itu dikuasai raja makhluk halus yang haus kekuasaan. Ia selalu bernafsu menguasi dareah lain. suatu saat ia mencoba merebut Danau Matano. Karena tak ingin berperang, penguasa Danau Matano mengajak berdamai, namun penguasa Danau Wasuponda menolak. Penguasa Danau Matano lantas mencari agar perang tidak terjadi.

Penguasa Danau Matano akhirnya mendapatkan cara. Ucapnya kepada penguasa Danau Wasuponda,"Danau Matano boleh kau kuasai, asal kita bertanding dulu untuk mengeringkan danau masing-masing."
   "Baik," jawab penguasa Danau Wasuponda pongah.

Pada hari yang telah ditentukan, penguasa dan penghuni Danau Matano datang ke Danau Wasuponda.
"Ayo, perlihatkan apa yang kalian lakukan" seru penguasa Danau Wasuponda kepada penguasa dan penghuni Danau Matano, penuh kesombongan." Hohoho! kalian tak mungkin dapat melakukannya! Danau matano akan menjadi milik kami! Hohoho"

"Baik"
Saat itu siang hari. Matahari bersinar terik. Di angkasa tak asa sepotong awan pun terlihat. Penguasa dan penghuni Danau Matano mengelilingi Danau Wasuponda. Mereka beraksi. Dengan kekuatan penuh, mereka menghantamkan tangan ke salah satu gunung di tepi Danau Wasuponda.
   Blar!
   Gunung itu runtuh. Suara dahsyat mengelegar.
   Byur. byur!
Bebatuan gunung berguguran memenuhi Danau Wasuponda. Akibatnya air danau meluap, mengalir ke segala arah. Danau Wasuponda akhirnya kering.

Melihat itu, penguasa Danau Wasuponda panas. ia dan penguasa Danau Wasiponda cepat pergi ke Danau Matano. Tiba di sana mereka mengelilingi Danau Matano. "Lihat yang akan kami lakukan!" seru penguasa Danau Wasuponda, sombong sekali.

   Mereka beraksi
Namun keadaan Danau Matano tidak berubah. Penghuni Danau Wasuponda pun mengalami kekalahan. Karena letih, mereka beristirahat. Tiba-tiba, mereka dikejutkanoleh munculnya sebuah daratan di tengah-tengah Danau Matano. Daratan itu muncul karena Danau Wasuponda telah berubah. Danau Matano dan Danau Wasuponda memang berhubungan.

karena di tengah Danau Matano itu sering timbul-tenggelam, maka kemudian diberi nama Nuha, yang artinya timbul-tenggelam. Sementara Danau Wasuponda berubah jadi daratan dan banyak ditumbuhi pepohonan yang lebat dan besar. Selain itu, di daerah in juga banyak tumbuh nenas yang hidup di atas batuan. Karena itu, daerah tersebut dinamakan Wasuponda. Wasu artinya batu, sedangkan pondaa artinya nenas. Jadi Wasuponda berarti nenas tumbuh di atas batu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar